ANALISIS JURNAL
ANALISA PENELITIAN PENJUALAN DAN PASAR
Hotniar Siringoringo
Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma

Judul :
Analisa Penelitian Penjualan dan Pasar

Masalah :
Apakah bidang kajian penjualan dan pasar yang banyak diteliti dan diminati diantaranya pengukuran potensi pasar, analisa pangsa pasar, penentuan karakteristik pasar, analisa penjualan, pembentukan kuota penjualan dan teritori, studi kompensasi penjualan?

Latar belakang :
Penelitian penjualan dan pasar sebagai salah satu kajian dalam penelitian pemasaran sering dilakukan oleh perusahaan. Setiap perusahaan yang menyadari kelangsungan hidupnya tergantung dari penerimaan pasar terhadap produknya akan memberikan perhatian yang cukup besar pada penelitian pemasaran.

Tujuan :
Menemukan bahwa bidang kajian penjualan dan pasar yang banyak diteliti dan diminati diantaranya pengukuran potensi pasar, analisa pangsa pasar, penentuan karakteristik pasar, analisa penjualan, pembentukan kuota penjualan dan teritori, studi kompensasi penjualan

Metodologi :
• Potensi pasar, berupa data sekunder yang bersumber dari BPS melalui sensus penduduk. Lalu pembelian dapat diukur melelui Buying Power Index (BIP)
• Analisa pangsa pasar, menggunakan data histories penjualan perusahaan dan total penjualan industri dari Departemen Perindustrian dan Perdagangan.
• Penentuan karakteristik pasar, menggunakan teknik survey dan pengamatan. Data yang dibutuhkan berupa informasi tentang konsumen berdasarkan jenis kelamin, umur, tingkat pendapatan, pendidikan, pola konsumsi, lokasi, dll. Data tersebut melalui dat primer.
• Analisa penjualan, prediksi volume penjualan menggunakan metode peramalan exploratif ataupun kausal.
• Pembentukan kuota penjualan dan teritori, menentukan target penjualan yang akan dicapai bagian penjualan, dan harus memperhatikan kebijakan pemerintah
• Studi saluran distribusi, dilakukan dengan uji percobaan

Hasil :
Bidang kajian penjualan dan pasar yang banyak diteliti dan diamati diantaranya pengukuran potensi pasar, analisa pangsa pasar, penentuan karakteristik pasar, analisa penjualan, pembentukan kuota penjualan dan teritori, studi saluran distribusi